Traveling Korea #3 : Sokcho (3Days) - (23-25 November 2016)

Day 1 : Jeju - Sokcho
4 hari di Jeju dengan full day nya yang hanya 2 hari ternyata belum cukup untuk menjelajah semua tempat wisata di pulau ini, sempat terlintas untuk memperpanjang hari di Jeju, namun apa daya, daripada hilang uang di pesawat dan hotel.
Hari ini kita bangun agak pagi karena pesawat ke Seoul jam 10 pagi. Dari december hotel, kita check out, yang prosesnya mudah, hanya menyerahkan kunci. Tidak perlu menunggu untuk pengembalian Deposit karena di Korea, kita tidak perlu menyerahkan deposit untuk hotel jadi tak perlu repot2 siapin uang untuk itu, setelah kita check out, kita langsung menuju ariport dengan taxi yang belum kita booking, karena menurut resepsionist-nya, lebih baik kita jalan saja dan mencegat taxi diluar karena sangat mudah mencari taxi di Jeju dan karena jika kita booking pake telepon akan ada biaya tambahan.
Setibanya di Jeju Intl airport, karena masih pagi kita duduk dulu untuk sarapan mengingat perjalanan akan panjang hari ini, yaitu langsung menuju Sokcho setibanya di Gimpo airport. Walaupun kita terbang dengan budget airline namun kalau masalah waktu di Korea sangat ketat dan tidak ada tuh yang delay, atau mungkin gw sedang beruntung.
Setelah perjalanan selama 1 jam dipesawat kita tiba dengan selamat di GIMPO airport, Selepas Jeju ini baru deh kita keluarkan jaket anti dingin, lumayan meringankan beban ransel euy.

kasihan kan suami gw kalau penerbangan lama..
Tadinya gw mau langsung cari bus yang langsung menuju Sokcho, tapi waktunya tibanya tidak tepat dengan jadwal busnya, yang hanya ada beberapa jadwal keberangkatan plus biayanya pun cukup lumayan lebih mahal, oleh karena itu kita memutuskan untuk langsung menuju Express Bus Terminal (Gosok) dengan menggunakan express line yaitu Subway Line 9, sempat salah naik subway yang menyebabkan gw ama suami sedikit ribut haha. Gw sudah kasih tau suami bahwa kita akan naik line 9 tetapi entah mengapa petunjuk di subway korea ini agak sedikit membingung-kan buat gw dan suami, mungkin karena lebih besar dan lebih banyak subway line kali ya, padahal waktu di Beijing mudah2 aja dan alhasil kita salah naik Line 5 dan membuat gw dan suami sedikit ribut pssstt hehe. ributnya gini, suami gw nanya kenapa naik ini?? gw bilang line 9, lalu setelah naik ternyata line 5 dan salah, kenapa suami gw ikut aja naik kalau salah? haha tapi ya sudah enjoy aja suami malah bilang kita turun di seoul station aja.. tapi berhubung gw lihat petunjuk bahwa seoul station masih jauh, gw bilang ke suami kita turun aja di next stop lalu kita balik lagi dan cari bener2 line 9, lalu dia bilang oh iya ya.. haha, akhirnya setelah pusing2 muter2, kita ketemu line 9 dan duduk manis, langsung menuju Express bus terminal, keluar dari subway langsung menuju counter pembelian tiket bus dan menunggu busnya datang, sambil beli burger di resto yang ada di dalam terminal dan bus berangkat tepat pada waktunya.. hebat ya disiplin waktu banget di Korea.
Perjalanan menuju Sokcho akan kita tempuh dalam waktu kurang lebih 3 jam-an, dengan bus yang nyaman dan tempat duduk yang besar dan bus ini nanti akan 1 kali berhenti selama 15 menit di tempat perhentian bagi penumpang yang kepingin pipis atau mau beli snack. Bus yang kita tumpangi melewati beberapa terowongan yang panjaaannng sampai gw rasanya agak sedikit sesak waktu lewat terowongan hufftt.

Memasuki area Sokcho dari jalan toll pemandangan kanan kiri terlihat pohon-pohon dan gunung yang tertutup warna putih walaupun belum tebal, namun cukup membuat gw sangat takjub. Karena ternyata gw melihat "salju" xixi, Puji Tuhan Salju chuyyy (Norak? iya hehe), sesampainya kita di Kota Sokcho, bus yang kita tumpangi memasuki express bus terminal dengan selamat dan brrrr.
Sokcho, Kota kecil yang tenang dan nyaman dan tentu saja banyak restoran seafood karena penduduk disini mata pencahariannya sebagian besar adalah melaut dan tempat wisata disini sebenarnya banyak, namun tujuan kita hanya 1 yaitu menuju Seoraksan national park dan kalau kuat kita akan naik ke puncak Ulsanbawi. Di Sokcho, T-money yang kita punya tidak dapat digunakan, jadi saat naik Bis kita benar-benar menyediakan uang pas sebesar 1200 won per-orang.
Setibanya di terminal kita langsung cari taxi, karena petunjuk ke hotel Marine Guesthouse agak kurang jelas atau karena memang kita malas gotong2 ransel xixi.
Entah di Sokcho karena kota kecil jadi supir taxi yang mengantar kita mungkin gak bisa baca atau dia butuh kacamata baca jadinya tulisan hotel marine guesthouse yang sudah gw print pun gak jelas buat dia, dan membuat kita sempat nyasar, namun gak lama akhirnya kita menemukan Guesthouse ini yang ternyata ada di jalan raya Daepo Hang tadi udah kita lewatin xixi.
Hari sudah agak sore waktu kita tiba di penginapan ini, beberes sejenak dikamar, dan kita akan keluar nanti untuk cari makan malam. dan udara diluar menunjukan -2c aigooo..
Agak susah untuk cari tempat makan disini selain seafood karena kita takut sama harganya bukan sama seafoodnya haha, jadi kita gak berani nyobain untuk makan seafood, baru pas sudah mau kembali ke Seoul, teman gw memberi tahu kalau ada resto all you can eat di daerah sini dengan harga 10.000 perorang.. jiahhhh.
Hari ini kita hanya jalan2 sekitar hotel dan mencoba mencari makan malam dan tiba-tiba kita sudah sampai di tempat seperti pasar gitu yang jual aneka seafood jadilah kita berhenti di salah satu tempat dan mencoba squid sundae (cumi yang didalamnya diisi sama nasi) yang ternyata enak pakai banget.

Setelah kenyang makan malam, kita kembali berjalan menuju ke hotel untuk istirahat karena esok hari akan menuju Seoraksan.

Total Expenses day 1 Sokcho for 2 :
Dinner - W16,000
Hot Choco - W4,800
Total = W99,800 x 12.3 = Idr. 1,227,540

Day 2 Sokcho : Mt. Seorak
Marine Guesthouse tempat kita menginap menyediakan self service breakfast. Ada sosis, telur, roti, selai dan butter disediakan walaupun kita harus kerjakan semua sendiri tapi buat kita ini sudah cukup untuk memulai hari. Setelah selesai sarapan dan berbersih kita siap tempur hari ini berjalan-jalan dengan udara dingin menuju Seoraksan. Dari penginapan kita tinggal jalan ke arah kanan menuju jalan utama dan menyebrang untuk naik bus no.7 atau 7-1 yang akan mengantar kita sampai di depan parkiran taman nasional Seoraksan.
Pertama kita mencoba menuju Gwongeumseong fortress menggunakan cable car dan setelah perjalanan menggunakan cable car selesai dan keluar dari terminal perjalanan sedikit menanjak menuju Gwongeumseong view point, yang saat itu tidak terlalu ramai, mungkin karena sudah musim dingin kali ya, ditempat ini gw banyak menemukan turis asal Indonesia, lucu ya kadang kalau lihat grup tour itu seru  sementara pemandunya orang korea teriak2an pakai bahasa indonesia dan pesertanya juga rame teriak2an jadilah mereka itu ramai xixi..

Setelah puas foto-foto di area Gwongeumseong fortress, kita kembali turun menggunakan cable car untuk mengexplore area lainnya, diterminal cable car kita sempat menikmati Machiato yang enak dan menghangatkan tubuh, setelah sampai dibawah kita sempat berkeliling diarea seputar tamannya dan melihat petunjuk arah menuju Ulsanbawi. Menuju kearah ulsanbawi ini jarang bertemu group tour, mungkin kalau group tour cuma dibawa ke Gwongeumseong aja kali ya dan agak sepi juga perjalanan menuju kesana-nya, kita mencoba menyusuri jalan ini dan terus naik keatas dan tidak sampai-sampai hehe.. dan kita akhirnya menyerah walau sebenarnya tinggal berjarak 600mtr lagi berdasarkan petunjuk, namun 600 meter itu harus ditempuh dengan jalanan yang menanjak dan semakin keatas semakin curam, berbatu dan licin karena sehabis turun salju dan karena itu suami gw gak pede, kalau gw mau gak mau ikut suami xixi, mengingat suhu udara juga dingin dan angin yang kencang, dan gw juga takut masuk angin xixi karena di udaha 2C tapi gw mengeluarkan keringat yang menurut suami gw kurang baik, akhirnya kita memutuskan untuk kembali turun. hiks padahal nanggung yak tapi sudahlah gpp kan kita juga sudah cukup hiking hari ini dengan jalan menanjak lebih dari 3km total semua dari Gwongeumseong fortress sampai  7/8 jalan menuju ulsanbawi, lumayan bikin kaki tambah gempor.
Setelah puas keliling area Seoraksan akhirnya kita kembali ke Hotel untuk istirahat sejenak dan sebentar malam akan keluar untuk makan malam dan istirahat untuk besok kembali melanjutkan perjalanan menuju Seoul.

Total expenses Day 2 Sokcho for 2 :
Bus #7 to Hotel - W2,400
Dinner & Snack - W41,130
Total = W88,930 x 12.3 = Idr.1,093,839

Day 3 : Sokcho-Seoul
Pengennya sih tinggal di satu tempat lebih lama, jadinya ya tetap kita kurang puas sebenarnya haha selalu deh, tapi kita sudah harus menuju tujuan berikutnya yaitu Seoul. Setelah sarapan pagi, kita siap-siap mandi dan checkout dan beranjak menuju Express bus terminal menggunakan bus no 7. Agak sedikit bingung dengan pengumuman di dalam bus, karena bus di Sokcho tidak ada pemberitahuan dalam bahasa inggris dan tidak ada layar monitornya, jadilah kita sempat kelewatan 1 halte berhenti untung aja sopirnya baik hati berhenti padahal kita gak mencet bel,, xixi, Kamsamida Ajjussi bus sopir.
Setibanya di sini kita langusng memesan tiket  bus yang sedang standby menunggu jam keberangkatan, tanpa harus menunggu lama, akhirnya buru-buru kita ke toilet karena 15 menit lagi bus akan berangkat dan beli sedikit snack.. huftt sebenarnya gw udah wanti-wanti dalam trip ini untuk mengurangi yang namanya ngemil tapi baik itu gw dan suami doyan ngemil, jadilah budget kita agak besar di snack, daripada bener2 makan di resto yang jatuhnya sebenarnya sama aja..Jadi hal ini jangan ditiru yaaa xixi

Total Biaya di Sokcho untuk ber 2 adalah Rp. 2,321,379 (belum termasuk tiket bis balik ke Seoul)