Traveling USA : Persiapan

Negara USA yang ada dikepala gw selama ini adalah suatu negara yang besar, banyak mafia dan tembak2an seperti layaknya film2 hollywood, transaksi dan penggunaan narkoba yang bebas dan negara yang "bebas" pergaulannya, dan bebas mau ngapain aja dengan orang2nya yang berperawakan besar dan tinggi serta berkulit putih dan berkulit hitam yang sekseh, untuk berkunjung kesana itu jauh dari impian maupun angan2 gw, sebenarnya sih ada 2 tempat yang menjadi bucket list atau impian gw jika berkunjung ke Amerika adalah yang pertama adalah Niagara Falls dan yang kedua adalah Grand Canyon. 
Tidak menyangka apapun sebelumnya dalam hidup gw, kalau gw akhirnya akan menikah dengan orang Amerika. 
Karena suami gw berasal dari Amerika maka impian atau bucket list gw menjadi ter-fokus di 2 titik yang gw sebutkan sebelumnya selain bertemu dengan keluarga besar suami gw, yang dapat gw lakukan untuk mencapai mimpi tersebut tentu saja berdoa dan yang pasti menabung. 
Setelah 7 tahun menikah baru saat ini, gw punya kesempatan untuk mengunjungi keluarga dan negara Suami, bukan karena tidak mau kesana, tetapi karena memang belum ada kesempatan saja. *agak kesel aja klu ada org yang selalu bertanya, udah pernah ke amerika, kok gak tinggal di amerika, kok gak pernah dibawa kesana, kok blm pernah dibawa ketemu keluarganya, kok.. kok.. kok ayam berkotek hehe. 
Puji Tuhan kesempatan itu datang, dan langkah pertama yang gw ambil adalah :

Mengajukan Cuti 
Nomor 1 yang gw tulis dan bukan kebetulan juga *banyak bukan kebetulan yak hehe *rencana Tuhan, gw di berikan ijin cuti tanpa dibayar oleh bos gw selama 30 hari. *Terima Kasih Bos… sambil sumingrah wajah gw karena diijinkan, awalnya kalau pahit2nya gak dikasih cuti, gw akan tetap pergi, tetapi entah nasib gw selanjutnya di kantor ini, mungkin meja gw udah dipindahin atau meja gw dah diisi org lain atau entahlah. *pasrah. 
Tipsnya adalah Kerja yang bagus dan buat bos menyesal jika melepas karyawan sebagus kita *cieee hehe dan bilang dari jauh2 bulan, gw rencana pergi bulan November lapor ke Bos bulan Mei.

Mengajukan VISA
Sebelum segala sesuatu dimulai untuk traveling ke USA ini, hal mengerikan pertama adalah mengajukan Visa, tips mengajukan USA visa bisa di cek di sini. Namun setelah mengalami mengajukan sendiri visa USA tanpa bantuan *bantuan suami saja, maka dapat gw katakan bahwa apply VISA USA adalah paling gampang dibandingkan dengan apply visa-visa Negara lain. Namun masuk ke dalam Kedutaan Amerika-nya saja yang lebih susah dibanding dengan syarat mengajukan visa itu sendiri, gw aja sampai bolak balik tas gw di scan karena lupa mengeluarkan thumb drive. Semua alat2 berjenis battery, electronic dan komputer harus dititipkan di security.
Visa sudah ditangan, hal selanjutnya adalah mencari waktu yang tepat berkunjung ke USA. Enaknya Visa USA  biasanya diberikan langsung berlaku 5 Tahun dan Multiple, jadi kapan saja kita mau pergi tidak masalah dalam kurun waktu 5 tahun.

Menetapkan Waktu Traveling
Memilih waktu yang tepat berkunjung ke sana, gw dan suami lebih memilih pada waktu musim gugur dan memasuki winter yaitu pas hari perayaan Thanksgiving dimana momentnya pas keluarga ngumpul selain Christmas, ingin hati sih menhabiskan Natal dan tahun baru disana namun karena hambatan cuaca buat  gw manusia tropis yang suka “jalan” pasti akan kesulitan kalau mau jalan-jalan dan juga suami yang sudah 7 tahun juga hidup di Negara tropis.   

Tiket Pesawat 
Setelah Visa ditangan, waktu sudah ditetapkan, cyusss langsung download semua aplikasi seperti Expedia, Skyscanner, Priceline, Kayak, untuk memantau harga tiket pesawat di kurun waktu November dan Desember, dan selalu menguji banding dengan harga langsung dari website airlinenya. Sebenarnya booking lewat aplikasi yang gw sebutkan sangat aman, namun buat gw lebih aman kalau kita booking langsung dengan website airlinenya, namun jika harga beda jauh kita bisa booking di aplikasi online tersebut tergantung penilaian kita sendiri sih. Setelah memantau cukup lama, mata kita selalu tertuju pada Ana Airlines yang menyajikan tiket murah ke Ohara CHI atau Washington DC. Karena rumah keluarga suami ku berada di Virginia, maka traveling usa kali ini akan mengambil sisi timur USA atau disebut east coast. Awalnya gw pikir mumpung di USA, mau sekali mendayung dua atau tiga pulau terlampaui, alias gw mau juga ke Grand Canyon, San Fransisco dan Hollywood namun ternyata, kedua tempat tersebut berada di dua sisi yang bertolak di USA seperti dari Papua ke sumatera. *maybe next time. Finally pilihan kita jatuh pada ANA Airlines dengan Harga tiket Rp. 13Jt PP/person. Jkt-Washington-Tokyo-Jkt. Sudah yang murah menurut gw. Kenapa ANA?, karena 5 Star Alliance plus bisa transit/Layover di Tokyo, jadi mendayungnya bukan ke sisi West coast namun untuk yang sekarang kita lebih memilih Tokyo-Jepang. Masih ada airline yang lebih murah juga selain ana, yaitu Eva air, China Southern Airline, Turkish, SQ namun SQ lebih banyak ke west part spt LA, SF. DLL. Namun karena Jepang lah kita akhirnya memilih ANA Air.

Menyusun Itinerary
Tetep dunk walau berkunjung ke rumah mertua kita harus punya Itinerary mengenai tempat2 apa saja yang akan dan mau kita kunjungi selama di USA. Berikut adalah Itinerary Kita :
19 – 22 Nov  :  Washington DC
22 – 28 Nov : Virgina (Mertua)
28 Nov – 1 Dec  : Elkins, Buffallo (Niagara Falls)
1 – 4  Dec : New Hamshire
4 – 7  Dec : New York
7 – 10 Dec : Virginia (Mertua)
11 – 17 Dec : Tokyo

Moda Transportasi
Untuk pindah dari satu kota ke kota lain, di USA kita bisa menggunakan bus dengan perusahaan bus Megabus, Greyhound atau Kereta Amtrax juga bisa hanya saja agak mahal karena bertepatan dengan hari Thanksgiving. 
  • Washington DC - Subway dan Circular bus
  • DC to Virginia - Mega Bus
  • Virginia - Mobil Mertua
  • Virginia to Buffalo - Mobil Sewaan
  • Buffalo to New Hampshire - Mobil Sewaan
  • New Hampshire to NYC (Queens) - Mobil Sewaan Parkir Depan Apt selama 3 hari (Gratis).
  • New York City - Subway dan Bus
  • NYC to Virginia - Mobil Sewaan
  • Virginia Back to DC - Bus Greyhound.
Setibanya Kami Di Washington, gw dan suami akan jalan-jalan dlu sebentar di kota ini, moda transport yang akan kita pakai di kota ini adalah tidak lain tidak bukan adalah Bus dan Subway, detailnya akan diceritakan kemudian. Lalu setelah 3 hari kami akan menuju Virginia dengan menggunakan Megabus yang sudah kita booking dari Jakarta melalui website wanderu. 
Di Usa yang notabene Negara maju namun transportasi umumnya masih sangat minim, jadi kalau kita mau kemana-kenama harus ada mobil, oleh karena itu dalam trip kali ini kita akan menggunakan  mobil, jadi di usa kita akan melakukan road trip sesuai dengan Itinerary diatas yang gw sebutkan. 
Untuk rental mobil di USA sangat mudah dan harga juga bervariasi, banyak scam yang mengatakan bahwa rental mobil di USA banyak tipu2nya yaitu misalnya harga perhari USD19 jadi pas bayar bisa habis total USD50 karena byk add on nya, untuk itu saat kita menyewa mobil harus benar2 memperhatikan add on ini seperti tax, service,parking, GPS, toll transponder,etc. Gw dan suami memilih rental mobil compact with no add on, hanya penambahan asuransi saja LDW yaitu Loss Damage Waiver jika ada sesuatu hal yang tejadi kita bebas dari tanggung jawab. Untuk merental mobil kita menggunakan Link yang ada di Website Garuda yang langsung ke rentalcars.com dan langsung ke perusahaan rental mobilnya seperti Alamo (perusahaan rental yang kita gunakan). Rental mobil selama 12 Hari Di USA biayanya adalah Rp. 4,715,293.- termasuk LWD. Termasuk sudah yang termurah menurut gw, Kursnya saat gw transaksi adalah rp.14,041/usd *Ajib.. 
Detail mengenai rental mobil nanti akan gw share kalau gw sudah kita jalanin yaa. Untuk kecelakan diri dan pihak ketiga itu sudah tercover di Travel Insurance yang sudah kita beli. Untuk di New York City, kita berencana untuk meninggalkan  mobil di Hotel/Apt dan menggunakan bus atau Subway untuk keliling di Kota ini.

Menentukan Hotel
Iya kita tinggal di rumah mertua saat di Virginia, namun karena kaki gatal kita memutuskan untuk melakukan Road Trip di daerah East sesuai dengan Itin diatas, maka kita memerlukan hotel di Buffalo, New Hampshire, NYC. Alamak membooking hotel di USA ini adalah perjuangan tersendiri karena gw gak dapat menemukan hotel murah dan bagus, semua hotel berkisar diatas 1,5 jt rp permalam dan harga itu untuk hotel budget bukan hotel berbingtang. *bukan gw banget haha. 
DC - Puji Tuhan kita dapat hotel agak murah di Washington DC yaitu sekitar 900rb an permalam yaitu di hotel Americana - Arlington, Early Bird dan booking langsung dari website hotel sekitar Rp 2,874,300 untuk 3 malam termasuk Breakfast.  
Niagara – Kita booking Aarya Hotel by Niagara Fashion Outlet selama 2 malam melalui Agoda dengan Rate sekitar USd. 100 (Murah) metode  bayar langsung di hotel. *mudah2an kita akan di charge sesuai dengan rate dari Agoda.
NH & NYC - AirBnB,  Yup di New Hampshire dan New York kita memilih moda tinggal bersama dengan orang atau keluarga yang menyewakan kamar mereka, karena kita gak sanggup membayar biaya hotel di daerahh ini. Mahal pake banget harganya. Puji Tuhan kita dapat kamar yang terlihat ok dan sudah confirm dari hostnya. Ini juga detail dan akan gw review nanti setelah gw balik yaa.

Travel Insurance
Sebenarya bukan sesuatu keharusan saat traveling ke USA untuk membeli asuransi seperti traveling ke Eropah, namun amannya lebih baik kita menyediakan payung dlu kan sebelum hujan, plus karena kita akan melakukan road trip oleh karena itu akan lebih baik untuk trip kali ini kita membeli asuransi. Agak aneh juga sih sebenarnya karena suamiku warga USA mau balik ke negaranya namun kita beli asuransi perjalannya.. ugh sudahlah kita ambil positifnya saja, jika terjadi sesuatu hal diluar dari kehendak kita maka kita punya backupnya. 

Berdoa dan Berserah
Setelah semua set tinggal kita bedoa buat perjalanan kita dan kesehatan kita, karena ini travel pertama gw dengan jarak tempuh 7 jam dari Jkt ke Narita dan 13 jam dari Narita ke Washington DC gw jadi agak sedikit grogi dan sumeng. Plus bertemu dengan Mertua dan keluarga suami gw. *Semangat.

Demikian lah persiapan yang gw dan suami lakukan sebelum kita berangkat ke USA.
Detail perjalanan kami ini akan gw sharing setelah kita menyelesaikan perjalanan kali ini termasuk Budget, pengeluaran dan pengalaman tempat2 wisata. GBU temans.

*Bersambung dan Editable.

No comments:

Post a Comment