Monday, April 4, 2016

Proses Perpanjang SIM beda dengan Alamat KTP

Satu demi satu pelan-pelan setelah paspor sekarang giliran SIM C gw yang udah mau expire agak ragu soalnya baca dari beberapa blog dari teman2 yang lain kok rada ribet ya musti cabut berkas di jakarta baru apply di tangerang huft,  dan baru gw inget mungkin karena waktu itu para teman2 bloger yang lain SIM & NIK belum online, tapi gw akhirnya mencoba peruntungan hehe, seperti biasa, langganan gw buat SIM dan perpanjang STNK itu pasti di Mall Gandari City, selain enak karena di Mall sehabis buat SIM bisa jalan2 nge mall dan gak panas karena ruangannya ber AC, niat berangkat pagi dari rumah biar sampai di gerai SIM sebelum jam 8 Pagi, soalnya kalau antri perpanjang SIM agak lumayan banyak peminatnya dibanding perpanjang STNK klu di gerai Gancy gak lama, dah gw udah kaya yang buka mall aja gw hehe, sampailah gw di sana jam 8 kurang dan cuma ada beberapa bapak2 yang lagi nunggu di depan pintu kantor gerai sim yang belom dibuka, pas gw liat jam layanan gak ngeh ternyata, jam layanan SIM  baru dibuka pukul 9.30 alamak siang bener.. nah gw udah disini jam 7.45 haha malah ada bapak2 disebelah gw dari jam 6.30 udah disitu haha, Waduh makin siang makin banyak pasti nih orang datang udah jiper juga gw sementara antrian belum dimulai berarti nanti pasti akan berebutan sama orang  yang datang siang donk hik hiks, sambil harap2 cemas, ternyata jam 8 lewat lampu depan sudah dinyalakan, jam 8.30 mulai beres2 petugasnya dan sebelum dibuka gw memastikan dlu ke bapak2 polisi yang lagi bebenah bertanya apakah bisa pak perpanjang SIM tapi KTP saya beda alamat yaitu Tangerang, si bapak meng iya kan, sip sip dan akhirnya jam 8.45 si bapak yang tadi keluar dan berteriak siapa yang perpanjan SIM gw dengan langkah seribu mengambil formulir dari tangan si bapak haha biar cepet dan gak ketinggalan dan isi formulir dengan cepat juga dan tentunya foto copy KTP dan SIM lama gw udah gw siapin dari rumah donk, biar gak antri lagi untuk fotocopy. Jam 9 ternyata mereka udah mulai pekerjaan mereka (salut) walaupun di papan bilang jam 9.30 namun jam 9 mereka udah mulai  menerima formulir dan gw pun dapat antrian nomor 4, lumayannnn, gak lama kemudian nama gw dipanggi dan SIM gw pun udah jadi tanpa masalah dan SIM gw udah alamat yang baru. Sepertinya NIK udah link ke semua database kita deh, gw gak liat si pak pol ngetik2 alamat gw yang baru, mungkin waktu dia merefresh alamat gw di link ke NIK udah langsung berganti deh karena udah online (semakin kagum sama birokrasi yang udah lebih baik) dan untuk biayanya Rp, 150,000.- agak mahal ya?? tapi wes gpp lah dan SIM C gw pun sudah siap ditangan dan tinggal SIM A nanti masih beberapa tahun lagi sipppp

14 comments :

  1. Nanya dunk, yg online tu NIK aja ato hrus SIM nya jg. Sya E-KTP nya masih dalam bentuk resi krn fisiknya belum jadi2.. sementara SIMnya masih yg dulu dbuat di jogja 5 thn lalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. HI.. Sorry baru sempat online, sorry maksudnya mba KTP mba jakarta gitu ya? atau Jogja? kalau setau saya SIM itu harus sama alamatnya dengan KTP. Jadi asumsi saya jika kita sudah ber eKTP secara langsung semua data kita sudah mengacu dengan eKTP. pada waktu kita perpanjang SIM sepertinya petugasnya sudah tau kok. dan sepertinya untuk perpanjang SIM perlu KTP asli gak bisa pakai resi, karena resi itu gak berlaku untuk pembuatan dokumen, tapi mba coba aja dlu bertanya ke Gerai SIM terdekat.

      Delete
  2. Maaf gan..berarti intinya walaupun sekarang ktp sudah beda alamat dengan sim..saat perpanjang tidak usah bawa surat cabut sim dari alamat lama ya gan..cukup bawa ektp saja sudah bisa perpanjang di alamat yg baru..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya begitu karena sya punya gak pakai cabut berkas tuh

      Delete
  3. gan mau nanya, saya sim kalimantan, ktp (belum e-ktp) tangerang, dan saya lagi kuliah di bandung. saya harus perpanjang dimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf, saya gak tau kalau bukan ektp.. setahu sy musti pakai ektp sekarang yaa.. sorry gak bisa byk bantu klu ini..

      Delete
  4. Sim c saia tangerang, ktp jakarta.mo perpanjang sim bisa gak ya lewat sim keliling ?

    ReplyDelete
  5. Gan, saya mau tanya.. jika perpanjang SIM yg awalnya alamat SIMnya di kota A.. tapi E-KTPnya di kota B gimana? Dan aku ngak punya surat pindah ke kota B juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada dasarnya alamat KTP harus sama dengan SIM karena syarat perpanjang SIM harus melampirkan KTP, Menurut pandangan saya kalau sudah E-KTP pasti nanti waktu kita memperpanjang SIM alamat di SIM akan berganti menjadi sama dengan KTP. semonga membantu

      Delete
  6. Gan saya mau nanya sim saya kan hilang sama ktp saya Terus saya tapi ktp sama sim saya beda ktp alamat nya Jakarta tapi sim saya alamat Kota tangarang Kira Kira Gimana yeah cara mengurus nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada dasarnya alamat KTP harus sama dengan SIM karena syarat perpanjang SIM harus melampirkan KTP, Menurut pandangan saya kalau sudah E-KTP pasti nanti waktu kita memperpanjang SIM alamat di SIM akan berganti menjadi sama dengan KTP. dan sehatu saya kalau SIM hilang harus proses seperti awal buat SIM baru deh, semonga membantu

      Delete
  7. Gan KTP dengan SIM ane berbeda , apakah bisa di gunakan saat ada razia ?
    Kalo ke gerai SIM online cuma buat ganti alamat bisa ngga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf Razia apa ya? kalau Razia kendaraan bermotor pasti yang diperiksa ya kelengkapan surat bermotornya dan surat ijin mengemudi gak ada hubungannya dengan KTP.. kalau Razia umum atau kependudukan ya KTP yang diperiksa dan gak ada hubungan nya dengan SIM, jadi gak ada masalah kalau beda, kalau sudah EKTP pasti alamat semua dokumen kita harus sama dan tunggu saja sampai SIM nya expire baru pas perpanjang alamat minta diganti. Semoga membantu..

      Delete